Yuk, Buat Sarung Bantal sofa informa Cantik Sendiri!



Yuk, Buat Sarung Bantal Cantik Sendiri!

Apakah Anda senang melihat sarung bantal yang warna – warni di sofa? Selain memberikan rasa nyaman, sarung bantal di sofa juga bisa menjadi elemen pendukung keindahan dekorasi interior rumah Anda.

Selama ini sarung bantal terbuat dari jenis kain linen, katun, atau perca dengan corak yang beragam. Mulai dari corak bunga, hewan, boneka, dan masih banyak lagi.

Namun taukah Anda, bahwa sarung Bantal sofa informa bisa dibuat menggunakan quilt modern?

Quilt modern merupakan bentukan baru dari seni quilt tradisional. Cara membuat sarung bantal dengan quilt modern sebenarnya sudah ada sepanjang abad 20. Tiitik perbedaan quilt modern dengan cara lainnya, terlihat dari teknik pengerjaan, alat bantu, dan sepsifikasi kain.

Selain itu, perbedaan juga terlihat jelas dari penggunaan warna dan motid yang tegas, kesederhanaan, penempatan potongan kain yang tak lazim, penerapan area kosong yang luas, hingga pola jahit tindas yang tak teratur.

Untuk mendapatkan sarung bantal quilt modern ini, Anda bisa membelinya di toko-toko furnitur. Tapi, berita bahagianya adalah, ternyata Anda bisa membuat sarung bantal quilt modern ini sendiri.

Dilansir dari Chicagonow.com, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan quilt modern, hanya 45 menit.

Selain Anda bisa memilih corak dengan sesuka hati, Anda juga bisa berkreasi menata padukan dekorasi interior rumah Anda. Yuk, simak tutorial berikut!

Siapkan sejumlah kain linen dengan motif yang berbeda


Anda bisa membeli kain linen bercorak sebanyak dua atau tiga kain pada toko kain yang bisa dijual meteran. Ketiga kain tersebut dibagi untuk dijadikan kain utama atau dasar, tepian atas kain,dan kombinasi kain utama.

Ukuran kain linen utama biasanya sepanjang 27 inci atau 68,58cm. Dan untuk kain kedua yang digunakan untuk tepian atas, Anda membutuhkan sekitar 9 inci atau 22,86cm. Sedangkan untuk kain kombinasi disesuaikan dengan keinginan motif yang hendak Anda buat. Dalam artikel ini anggaplah kain ketiga memiliki ukuran lebih kecil yakni 2 inci atau 5,08cm.

Panaskan bagian tepi dan sisi utama kain

Sebelum dijahit untuk digabungkan, ada baiknya Anda memanaskan bagian tepi dan sisi utama dari kain menggunakan setrika baju. Mengingat, bahan linen ini tidak sukar untuk disetrika, Anda tidak perlu berlama-lama, cukup 2-3 menit.

Jahit sementara bagian-bagian sambungan kain

Agar hasil jahitan rapi, sebelum kain dijahit menggunakan mesin, Anda bisa menjahit menggunakan jenis tusuk jelujur (tusuk sementara)yang dimulai dari kanan ke kiri.

Jahit menggunakan mesin jahit

Setelah bagian tepi kain gabungan sudah merekat dengan tusuk jelujur, Anda bisa langsung menjahitnya menggunakan mesih jahit. Pada saat dijahit, sedikit saran agar tidak bergeser, Anda bisa menjepitkan tepi kain menggunakan penjepit pakaian.

Dan lakukan ini untuk kedua sisi dan untuk bagian belakang kain. Mengapa? Karena sarung bantal nanti akan dilipat dari sisi kain belakang.

Lubangi tempat kancing

Setelah bagian tepi kain sudah dijahit, Anda bisa mencoba membentuk sarung bantal dengan membungkus busa bantal.

Nanti Anda akan mudah mengetahui di mana letak kancing perekat. Kemudian, setelah mengetahui letak lubang kancing, Anda bisa membuat lubang tempat kancing.

Lebarnya disesuaikan dengan diameter kancing yang Anda punya. Lalu, gunting hingga bolong. Setelah itu, bagian sisi lubang dijahit menggunakan tusuk pipih.
Labels: informa furniture katalog, informa sofa sale, katalog informa 2016, katalog informa 2017, katalog informa terbaru, sofa bed informa sale

Thanks for reading Yuk, Buat Sarung Bantal sofa informa Cantik Sendiri!. Please share...!

Back To Top